fungsi dan pengertian slot di motherboard

ISA (Industry Standard Architecture)

Slot ini adalah yang paling umum tersedia pada motherboard, karena ISA adalah slot orisinil dari sebuah motherboard. Slot ini mulai dipergunakan mulai dari jamannya 286 sampai saat ini.
Jika Anda melihat pada sistem motherboard Anda (motherboard jenis biasa), maka slot yang paling panjang adalah ISA. Namun jika semua slotnya berukuran sama, itu tandanya slot yang ada pada motherboard Anda adaah ISA semua.

8-bit ISA memiliki nilai transfer rate 0,625 MB/sec. Sedangkan sistem yang banyak dipakai saat ini lebih banyak menggunakan 16-bit ISA yang memiliki nilai transfer rate 2 MB/sec. Sebenarnya nilai ini tidak juga dikatakan besar. Namun berhubung card yang terpasang rata-rata tidak memerlukan kecepatan yang lebih dari ini, maka slot ini dianggap masih cukup kompatibel.



Gambar 1. Slot ISA

EISA (Enhanced Industry Standard Architecture)EISA lebih banyak digunakan dalam sistem server. Karena slot ini memang sengaja diperuntukkan untuk meng-handle pekerjaan yang lebih berat dari ISA. EISA memiliki fitur bus mastering yang dapat membuatnya bekerja tanpa membebani kerja CPU. Contoh card yang menggunakan slot ini adalah SCSI card. Berhubung slot ini tidak mengganggu kerja CPU, maka slot ini cukup tepat untuk digunakan dalam meningkatkan kecepatan kerja komputer Anda.


Gambar 2. Slot EISA

MCA (Micro Channel Architecture)

Slot ini pertama kali diperkenalkan oleh IBM. Seperti EISA, MCA memiliki 32-bit dan mampu melakukan bus matering juga. Namun, MCA memiliki keterbatasan. Jika pada EISA Anda dapat memasang card ISA, pada MCA card ISA tidak dapat dipasangka di dalamnya. Meskipun demikian, MCA dapat otomatis mengenali jenis card yang dipasang ke dalamnya dan langsung melakukan konfigurasi dasar. MCA juga lebih kuat menghadapi gangguan listrik dan mengurangi error yang kadang terjadi pada slot lain. Sayangnya, slot ini telah menjadi sejarah, yang artinya tidak dipergunakan lagi saat ini.


Gambar 3. Slot MCA

PCI (Peripheral Component Interconnect)

PCI dikembangkan oleh Intel. Oleh karena itu, slot ini sangat umum terdapat pada motherboard yang menggunakan prosesor Intel. Kecepatan yang dimiliki PCI hamper sama dengan VESA, namun spesifikasi lainnya berbeda.
Pada PCI, Anda tidak akan direpotkan dengan masalah konfigurasi. Sebab PCI dapat melakukan konfigurasi otomatis. Berawal dari kelebihan PCI inilah, konsep Plug and Play mulai diperkenalkan.


Gambar 4. Slot PCI


AGP, singkatan dari Accelerated Graphics Port

adalah sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA, bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan.

Spesifikasi AGP pertama kali (1.0) dibuat oleh Intel dalam seri chipset Intel 440 pada Juli tahun 1996. Sebenarnya AGP dibuat berdasarkan bus PCI, tapi memiliki beberapa kemampuan yang lebih baik. Selain itu, secara fisik, logis dan secara elektronik, AGP bersifat independen dari PCI. Tidak seperti bus PCI yang dalam sebuah sistem bisa terdapat beberapa slot, dalam sebuah sistem, hanya boleh terdapat satu buah slot AGP saja


Gambar 5. Slot PCI


AMR

adalah singkatan dari Audio Modem Riser. Slot ini adalah untuk kartu dengan chip codec audio dan / atau sirkuit modem. Setidaknya jika Intel telah jalan, tetapi Intel AMR-Spesifikasi hampir menyerupai catatan bunuh diri bagi produsen dan pengguna. Halaman pertama spec berisi kalimat penting:

Perhatikan bahwa Spesifikasi AMR TIDAK menetapkan standar aftermarket I / O slot ekspansi.

Intel menembak dirinya di kaki dengan catatan ini karena tidak ada rencana untuk menawarkan kartu AMR untuk pasar ritel. Produsen tidak tertarik untuk itu baik. Secara teoritis kartu AMR yang seharusnya menjadi "solusi yang terjangkau", tapi produsen tidak dapat menawarkan kartu AMR murah karena biaya tidak meninggalkan ruang untuk dukungan yang memadai. Satu-satunya cara adalah dengan membeli modem biasa dan kartu suara. Tentu saja end user mendapatkan akhir pendek tongkat lagi. Biaya produksi tambahan untuk slot AMR yang diturunkan kepada pelanggan. Ia telah mendapat menghabiskan uang untuk slot tidak berguna. Ini adalah situasi yang sama dengan slot CNR disebut yang ditemukan di motherboard 815/Solano. Hal ini seharusnya untuk memungkinkan fungsionalitas jaringan selain audio dan modem, tapi pengguna akhir tidak akan dapat mengambil keuntungan dari itu. Dalam evaluasi kami dari motherboard kita tidak mengkritik produsen papan apapun jika tidak memiliki slot AMR, sehingga ia dapat menawarkan produknya dengan harga yang lebih rendah.



Gambar 6. Slot PCI

Slot Communications and Networking Riser (CNR)

Communications and Networking Riser (CNR) adalah slot yg ada padamotherboard PC tertentu dan digunakan untuk jaringan khusus, audio, danperalatan telepon. Sebuah produsen motherboard dapat memilih untukmenyediakan audio, jaringan, atau fungsi modem dalam kombinasi apapunpada kartu CNR. Slot CNR biasanya ditemukan pada motherboard Pentium4.


Gambar 7. Slot PCI

Secara fisik, slot CNR memiliki dua baris 30 pin, dengan dua konfigurasi pinyaitu Tipe A dan Tipe B, masing-masing pin mempunyai tugas yang berbeda. CNR Tipe A menggunakan antarmuka jaringan 8-pin, sedangkanTipe B menggunakan 16-pin Media Independent Interface (MII) businterface LAN. Kedua jenis membawa sinyal USB dan AC'97.

Seperti AMR, CNR memiliki potensi penghematan biaya produsen denganmenghapus analog I / O dari komponen motherboard. Hal inimemungkinkan hanya produsen US Federal Communications Commission(FCC) untuk memproduksi kartu CNR, dan tidak semua motherboard memilikinya. Hal ini mengakibatkan pasar lebih cepat untuk memproduksimotherboard baru, dan memungkinkan produksi massal kartu CNR untuk digunakan pada beberapa motherboard.



Modem untuk slot CNR

Slot ACR adalah barang berspesifikasi yang dikembangkan oleh sekelompokvendor pihak ketiga. Keuntungan utamanya selama CNR adalah tata letakslot backwards-compatible yang memungkinkan untuk menggunakan keduaAMR dan kartu ARC

PCI Express

PCI Express (PCI-E/PCIex) adalah slot ekspansi module, di desain untuk menggantikan PCI bus yang lama. Banyak Motherboard mengadopsi PCI express dikarenakan PCI Express memiliki transfer data yang lebih cepat, terutama untuk keperluan grafis 3D. Slot ini memiliki kecepatan 1x, 2x, 4x, 8x, 16x and 32x, tidak seperti PCI biasa dengan sistim komunikasi paralel. PCI Express menggunakan sistem serial dan mampu berkomunikasi 2 kali (tulis/baca) dalam satu rute clock.


Gambar 8. Slot PCI

Pengembangannya PCI Express (PCIe) sebelumnya dinamai HSI (High Speed InterConnect) dan mengalami pergantian nama menjadi 3GIO (3rd Generation I/O). Akhirnya PCI SIG (PCI Special Interest Group) menamainya menjadi PCI Express.

PCIe masih dalam pengembangan yang berkelanjutan. versi sekarang yang banyak beredar adalah PCIe 1.0, PCI-SIG sudah mengumumkan beredarnya PCIe 2.0 dan PCIe 3.0.

Tidak ada komentar: